SELAMAT DATANG..!

Terima kasih anda telah mengunjungi blog PERANAP.COM

Mari berbagi pengalaman dan pendapat disini ...

banyaklah buah perkara buah
buah mengkudu lekat di batang
banyaklah tuah perkara tuah
tuah melayu berkasih sayang..

Jumat, 21 November 2008

EDISI JUM'AT: BAHAYA PER (DUKUN) AN

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini mulai bermunculan pengobatan alternatif dan pengobatan tradisional di Peranap. Sebenarnya hal seperti ini sudah sejak lama ada di Peranap ini, hanya saja dulu pelaku perdukunan tidak meletakkan papan plang nama di depan tempat usaha mereka, dan sekarang nama mereka lebih keren menjadi AHLI HIKMAH, PARANORMAL, ORANG PINTAR, SUPRA NATURAL dll.
Agar kita tidak terjebak dalam perilaku kafir tersebut, ada baiknya di hari Jum'at ini kita kupas sedikit tentang perdukunan.

Dukun berarti orang yang mengaku dapat mengetahui hal gaib seumpama meramal nasib seseorang, tahu tempat barang yang hilang dan siapa pencurinya, tahu kejadian yang akan datang, serta dapat mengobati dengan media mistik.
Sementara tukang sihir adalah orang yang dapat melakukan perbuatan sihir seperti menunjukkan ke luarbiasa an dengan cara mistik, membuat seseorang sakit, membuat seseorang jatuh cinta pada lawan jenis, memisahkan pasangan suami istri dsb. Semuanya itu dengan cara mistik.
Segala perbuatan yang hanya dapat dilakukan oleh dukun dan tukang sihir disebut PERDUKUNAN. Termasuk juga kategori perdukunan/sihir adalah ilmu kekebalan tubuh, ilmu pelet, santet, susuk, khadam gaib, ramalan bintang, mencari wangsit, ramal garis tangan, menulis mantra aneh di telur, pengobatan jarak jauh, jimat, memindahkan penyakit dari manusia ke hewan, jampi asing dan aneh yang dicampur ayat Al Qur'an.


Hal yang membahayakan dari perdukunan adalah PERTAMA; jika hanya mendatangi tanpa mempercayai maka SHOLATNYA DI TOLAK SELAMA 40 HARI, sesuai hadist Rasulullah SAW "Barangsiapa mendatangi dukun menanyakan sesuatu kepadanya, tidak akan diterima shalatnya selama 40 hari". (HR.Muslim)
KEDUA; jika mempercayai perkataan dan mengikuti perintah/saran dukun maka ia telah KAFIR, sesuai hadist Rasulullah SAW "Barangsiapa yang mendatangi dukun dan membenarkan perkataannya, sungguh ia telah kafir terhadap apa yang diturunkan kepada Muhammad SAW". (HR. Abu Daud)
KETIGA; hukumnya HARAM dan Rasulullah SAW berlepas diri darinya, " Bukan dari golongan kami, orang yang menentukan nasib sial dan mujur berdasarkan tanda-tanda benda, burung atau lainnya, yang bertanya dan yang menyampaikannya, atau bertanya kepada dukun dan yang mendukuninya, atau yang menyihir dan yang minta sihir untuknya". (HR. Al Bazzaar, dengan sanad jayyid)

Adapun pengobatan yang dibenarkan oleh islam hanya dua macam yaitu;
- pengobatan medis (kedokteran dan tabib), berbahan yang mengandung khasiat obat dengan penanganan fisik seperti suntik, pijat, bekam.
- Ruqyah yang disyari'atkan yaitu menjampi dengan Al Qur'an atau do'a- do'a yang tidak mengandung syirik.

Kita jangan sampai tertipu oleh ucapan dan slogan dukun modern yang berkata "ini semua hanya syariat sedang yang menentukan adalah Allah SWT semata". Lihat dulu esensi dan cara pengobatan maupun praktek mereka. Jangan langsung percaya dan tertipu karena pahala Shalat selama 40 hari bisa-bisa tidak ada.
Termasuk juga yang merupakan perbuatan kafir dan haram adalah segala jenis layanan SMS ramal nasib, rejeki, karir, jodoh dan masa depan yang saat ini marak di televisi seperti MAMA BULE, KI JOKO YANG TIDAK PINTAR, DEDY KO BUSTER dll.
Padahal jodoh, ajal dan rezeki jelas-jelas merupakan rahasia Illahi dan tidak seorang pun diberi tahu tentangnya.

Demikianlah sedikit renungan kita di hari jum'at ini. Sebagai salah satu tindak nyata dari " WA TAWA SHOUBIL HAQ WA TAWA SHOUBISH SHOBR" saling nasehat dan mengingatkan di dalam kebenaran dan kesabaran.
Mudah-mudahan ada manfaatnya.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

oh ya?, yang semangat ya Bab...

BABAB mengatakan...

Insya Allah..terima kasih Hendrawan. Blog mu bagus dan terkenal lagi

okaoscar mengatakan...

wah...ini sangat mengerikan, terkadang kita dilupakan akan hal-hal yang kita anggap kecil namun sangat dibenci Allah dan membuat Allah murka. Namun, saya sangat heran akan fenomena tentang "peRdUkuNan" ini, terkadang yang malah terjebak adalah kaum yang menganggap diri mereka intelek,padahal mereka hanyalah budak dari kekuasaan, harta, serta kepopularitasan.disamping itu, ada juga beberapa orang yang seyogyanya memahami ilmu agama terjebak dalam lingkaran tsb, MASYAALLAh...bagaimana Allah tidak murka,bukannya malah bersyukur, tapi malah menyekutukan Allah. lihat saja mass media kita,mereka hanya mementingkan segi financial bukan educational....ini sudah menjadi kewajiban kita untuk mengingatkan sesama muslim agar tidak terjebak dalam lingkaran tersebut, terutama keluarga kita...bab, jika ada salah satu anggota keluarga kita yang menjalankan salah satu dari "peRduKuNaN" tsb, apa langkah konkrit yang babab lakukan? balasannya ditunggu segera di okaoscar@gmail.com....ohya, titip salam untuk keluarga di kampuaang yo...

BABAB mengatakan...

Ada 3 cara setidaknya dalam menghadapi kemungkaran. 1. Merubah dg tangan 2. Kalau tdk mampu, dg lidah 3. Kalau tetap tdk mampu, cukup prihatin dalam hati. Tetapi usahakan cara 1 maksimal dulu baru boleh pakai cara selanjutnya. Thanks